Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon merumuskan capaian pembelajaran lulusan (CPL) untuk memastikan mahasiswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dasar. CPL terdiri dari empat unsur utama: Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan.
Sikap (S)
Lihat Detail Sikap
No | Kode CPL | Deskripsi |
---|---|---|
1 | S1 | (Religius) Berakhlak mulia melalui sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain. |
2 | S2 | (Cinta Damai) Menampilkan sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
3 | S3 | (Semangat Kebangsaan) Menunjukkan cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
4 | S4 | (Demokratis) Menunjukkan cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. |
5 | S5 | (Cinta Tanah Air) Menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. |
6 | S6 | (Toleransi) Menampilkan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
7 | S7 | (Peduli Lingkungan) Menampilkan sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. |
8 | S8 | (Peduli Sosial) Menampilkan sikap dan tindakan untuk mencegah kerusakan lingkungan alam dan mengembangkan upaya memperbaikinya. |
9 | S9 | (Disiplin) Menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
10 | S10 | (Menghargai Prestasi) Berakhlak mulia dengan sikap yang mendorong diri menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan menghormati keberhasilan orang lain. |
11 | S11 | (Jujur) Berperilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
12 | S12 | (Gemar Membaca) Membentuk kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai sumber bacaan yang bermanfaat. |
13 | S13 | (Tanggung Jawab) Berakhlak mulia dengan sikap melaksanakan tugas dan kewajibannya terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara, dan Tuhan. |
14 | S14 | (Rasa Ingin Tahu) Menunjukkan sikap dan tindakan untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajari. |
15 | S15 | (Kerja Keras) Menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi hambatan belajar dan tugas dengan sebaik-baiknya. |
16 | S16 | (Kreatif) Menunjukkan cara berpikir dan melakukan sesuatu yang menghasilkan cara atau hasil baru. |
17 | S17 | (Mandiri) Menunjukkan sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. |
18 | S18 | (Kewirausahaan) Menunjukkan motivasi berprestasi yang tinggi, kreatif, inovatif, dan bertanggung jawab. |
19 | S19 | (Kejuangan) Menunjukkan kemampuan mengolah kesulitan menjadi tantangan untuk diselesaikan. |
20 | S20 | (Bersahabat/Komunikatif) Berakhlak mulia dengan cara berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja sama dengan orang lain dalam kebaikan. |
Keterampilan Umum (KU)
Lihat Detail Keterampilan Umum
No | Kode CPL | Deskripsi |
---|---|---|
1 | KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi. |
2 | KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
3 | KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi IPTEK dengan memperhatikan nilai humaniora. |
4 | KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir. |
5 | KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya. |
6 | KU6 | Mampu mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaga. |
7 | KU7 | Mampu bertanggung jawab atas hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi. |
8 | KU8 | Mampu mengimplementasikan pengetahuan dengan integrasi keilmuan (agama dan sains). |
9 | KU9 | Mampu mengimplementasikan filsafat Pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan, dan globalisasi. |
10 | KU10 | Mampu melaksanakan evaluasi diri terhadap kelompok kerja dan mengelola pembelajaran secara mandiri. |
Keterampilan Khusus (KK)
Lihat Detail Keterampilan Khusus
No | Kode CPL | Deskripsi |
---|---|---|
1 | KK1 | Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan dalam perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. |
2 | KK2 | Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar. |
3 | KK3 | Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di SD dengan metode saintifik. |
4 | KK4 | Mampu menganalisis dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, serta bahan ajar yang inovatif. |
5 | KK5 | Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di SD. |
6 | KK6 | Mampu melaksanakan penelitian pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik. |
7 | KK7 | Mampu menerapkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. |
8 | KK8 | Mampu mengimplementasikan adab kehidupan yang bertauhid dalam kehidupan masyarakat. |
9 | KK9 | Mampu mendiseminasikan gagasan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD. |
10 | KK10 | Mampu mengikuti perkembangan IPTEKS terkait profesi sebagai pendidik, peneliti, dan praktisi pendidikan. |
Pengetahuan (P)
Lihat Detail Pengetahuan
No | Kode CPL | Deskripsi |
---|---|---|
1 | P1 | Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar. |
2 | P2 | Menguasai konsep karakteristik perkembangan peserta didik di SD. |
3 | P3 | Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di SD seperti Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan lainnya. |
4 | P4 | Menguasai konsep kurikulum, strategi, dan media pembelajaran yang inovatif di SD. |
5 | P5 | Menguasai konsep evaluasi proses dan hasil pembelajaran di SD. |
6 | P6 | Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian untuk memecahkan masalah pembelajaran di SD. |
7 | P7 | Menguasai konsep layanan bimbingan penyuluhan untuk memecahkan permasalahan perilaku siswa. |
8 | P8 | Memahami adab kehidupan yang bertauhid. |
9 | P9 | Menguasai langkah-langkah integrasi keilmuan agama dan sains. |
10 | P10 | Menguasai pengetahuan tentang Pancasila, kewarganegaraan, dan globalisasi. |
11 | P11 | Mampu mendiseminasikan gagasan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD. |
12 | P12 | Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait profesi pendidikan. |